Kamis, 16 Juli 2009

Anie

 Mungkin cerita ini udah banyak kalian dengar. Udah pernah dijadiin film juga. Tapi baru kali ini aku melihatnya di kehidupan nyata.
 Ada seorang anak. Dia tetangga depan rumahku. Namanya Ani, usianya sebaya dengan adik tertuaku, Nana. Dia baru saja lulus SMP. Dia sadar, ibunya tidak mungkin lagi mampu membiayainya untuk ngelanjutin sekolah. Ibunya janda yang matapencahariannya Cuma sebuah warung kecil di depan rumahnya. Yang dijual jajan-jajan anak kecil, sabun, obat nyamuk bakar, pokoknya warungnya gag komplit lah. Ibunya juga masih punya tanggungan adiknya yang masih SMP, swasta lagi.
 Selama ini emang kulihat setiap pulang sekolah ampe sore dia menjahit. Mulai jahit dari kapan ya? Dah lama banget, kayaknya dari pertengahan tahun dia kelas 1 SMP deh… aku tahu, karena aku juga sering beli something di warung ibunya dan kegiatan Ani yang gitu-gitu aja. Pagi berangkat sekolah. Pulangnya istirahat bentar. Terus menjahit ampe sore. Nanti malamnya belajar. Kalo hari libur, bisa jahit seharian. Dah, gitu doang. Pantes dong aku hafal?
 Uang hasil dari dia menjahit emang buat Bantu nyukupin kebutuhan daily. Tapi ternyata gag semuanya diberikan ibunya. Dari dulu, Sebagian uang itu dia simpan. Sekarang uang yang dia simpan baru ketahuan mau buat apa.
 “Bu, aku mau ngelanjutin sekolah. Jumlah nilaiku cukup kok buat masuk SMA Negeri terdekat. Ibu gag usah mikir biayanya. Uangku yang dari dulu ku kumpulin udah cukup.”
 See? Ibu mana yang gag nangis-nangis Bombay punya anak yang tetep berusaha tuk sekolah walaupun berat di masalah biaya? Emang Ani bukan murid terpintar di SD dan SMP nya dulu. Tapi dia rajin banget! Dulu pernah juga dia maen ke rumahku, minta diterangin pelajaran yang dia gag mudeng. Itupun katanya dah buntu banget.
 Ngelihat kehidupannya, aku jadi malu. Aku di sekolah kalo lagi gag mood banget, gag peduli tuh guru ngasih PR apaan. Sering keluar masuk Ruang BP dan kena hukuman coz dapet gelar Miss Telat. Pernah hampir dapet surat panggilan orang tua. Tapi karena bujuk rayu dariku, yang mau ngasih jadi gag tega. Akhirnya gag jadi dapet tapi dengan bejibun persyaratan.
 Aku Pulang sekolah juga sering gag langsung pulang ke rumah. Maen sambil nunggu waktu Les. Nanti malemnya belajar sambil ngeluh cape lah, ngantuk lah yang akhirnya berujung ketiduran.
 Aku yang punya kehidupan termasuk beruntung kurang bersyukur gitu. Padahal mungkin banyak yang pengen sekolah, tapi gag bisa. Dan mungkin juga banyak Ani-Ani yang lain. Kenapa baru sekarang aku sadar aku jauh lebih beruntung dari mereka? Ya Tuhan, maafkan aku yang kurang bisa bersyukur atas segala nikmat yang Engkau berikan…
 Tetap Semangat buat Ani! Don’t Give Up!!! Tetap semangat belajar semangat sekolah. Allah bakal ngasih jalan bagi hamba-hambanya yang mau berusaha keras. Kita tunggu aja, apa yang bakal dilakuin Ani buat ngelanjutin kuliah…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar